Friday, May 12, 2006

Pandangan


Jelas berbeda sebuah nilai dari perbedaan pandangan yang dilakukan, dari sudut pandangan berbeda.. dan hal-hal berbeda lainnya. Tak tau, apakah itu sebuah kemutlakan.. sehingga jika perbedaan topiknya makan nilainya pun sudah pasti hal yang saling berlainan...singkatnya berbeda.

Ngomong-ngomong soal perbedaan, cukup merepotkan -sebetulnya- jika terpancing bahkan tak mampu melepaskan diri dari umpan yang sudah terlanjur dikunyah... sebab intinya adalah kemapanan sebuah solusi di belakang semua perdebatan yang ada.

jika ada yang mengatakan pemandangan dari bawah (satu sisi) adalah cantik... mungkin ianya berbeda jika dipandang dari atas (satu sisi lainnya) yang menghasilkan 'tidak cantik'. Namun jika salah dan benar permasalahannya.. tidak serta merta keduanya mutlak salah maupun benar, sebab jika kedua predikat nilai itu disandang justru kesempurnaan yang utuh. Sebab percampuran nilai-nilai terkadang lebih menjernihkan mata akan sebuah hakikat.

Begitu pula yang terjadi pada diri, pandangan-pandanganya terhadap objek diri itu sendiri sungguhlah kompleksnya sehingga sangat memberangsangkan untuk menyederhanakan. Dan memang-pun kesederhanaan jawabannya. Pandangan mata akan berbeda dengan Logika, begitu pula dengan Hati apalagi Nafsu. Ternyata tidak hanya mata alat pandangan bagi diri.. bahkan sebenarnya matalah alat yang lebih cendrung tidak memeliki percampuran nilai sebagaimana alat-alat pandangan lainnya.

Dari mata turun ke hati, begitu kira-kira bunyi gambaran kasmaran seseorang terhadap seorang lainnya. Setelah itu apakah yang berperan.. alat-alat pandangan lainnya sebab setelahnya tidak ada yang tercela bagi mata walaupun ianya berwarna 'hitam'.

sebenarnya, pandangan diri tidaklah independen.. sayangnya kita terlalu ego untuk mengakui2nya, yang sekaligus menghalangi diri mencapai keutuhan nilai akan segalanya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home